Perbedaan Ban Radial Vs Ban Bias

Perbedaan Ban Radial VS Ban Bias – Secara garis besar ban terbagi atas dua jenis, yakni tubetype (dengan ban dalam) dan tubeless. Namun, nyatanya tak sesederhana itu. Ban tubeless terbagi lagi ke dalam dua jenis, yaitu ban radial dan ban bias. Apa yang membedakan keduanya? Dilansir dari laman bridgestone.co.id, perbedaan paling dasar antara ban radial dan ban bias terletak pada konstruksinya yang lebih spesifik pada susunan benang yang mengikat. Adanya perbedaan struktur dan daya tahan, kedua ban ini tentunya mempunyai perbedaan harga. Berikut ini klarifikasi mengenai perbedaannya secara lebih rinci.

Karakteristik Ban bias

 Secara garis besar ban terbagi atas dua jenis Perbedaan Ban Radial VS Ban Bias-Ban bias lebih sering digunakan pada mobil-mobil komersial menyerupai truk, angkutan perkotaan, bahkan bis.

-Konstruksinya terdiri atas beberapa lapisan ply cord (kain ban) yang diletakkan secara diagonal dan bersilangan. Sudutnya kurang dari 90 derajat dari garis tengah ban. Semakin banyak lapisannya, maka ketahanan ban pun akan semakin berpengaruh menahan beban.

-Umumnya pada ban bias terdapat isyarat ply rating. Misalnya, ban truk berukuran 9.00-20 16PR. Nah, ’16 PR’ inilah isyarat ply ratingnya. Kode tersebut menunjukkan jumlah lapisan ply-cord pada ban. Tapi bukan berarti hanya 16 lapis, angka ini digunakan untuk menunjukkan kemampuan sebuah ban dalam menanggung beban maksimum

-Ban bias sanggup ditemukan di sejumlah merek dan tipe ban, Karena ban yang umum digunakan. Wajar kalau ban bias mempunyai harga yang lebih murah dibandingkan ban radial.

Karakteristik Ban radial

 Secara garis besar ban terbagi atas dua jenis Perbedaan Ban Radial VS Ban Bias-Sementara ban radial yakni pengembangan lanjutan dari teknologi ban bias. Ban radial mempunyai ply cord bersudut kurang lebih 90 derajat terhadap garis tengah bannya. Namun, mempunyai lapisan steel belt atau sabuk baja di atasnya. Steel belt ini menciptakan konstruksi bannya jadi lebih rigit dan kekar.

-Lapisan ply cord-nya yang tidak sebanyak ban bias menciptakan dinding ban radial lebih elastis atau empuk. Sehingga ban radial jauh lebih nyaman dibandingkan ban bias. Tetapi, kenyamanan ini bisa berkurang ketika ban radial semakin tipis, misalnya ban dengan aspec ratio 30, 35, 40 atau 40

-Ban radial dibentuk dari lapisan serat yang menyilang pada bundar ban. Selain itu, sabuk ban radial terbuat dari baja dengan tapak lebih kaku, lebih tahan guncangan, dan tidak praktis aus.

-Ditinjau dari aspek kenyamanan berkendara, ban radial lebih unggul dari ban bias. Pasalnya, serat baja yang digunakan bersifat lentur, sehingga lebih nyaman meski diajak melintas jalan rusak atau bergelombang.

-Daya cengkeram (traksi) ban radial lebih baik dibanding ban bias, terutama pada dikala bermanuver. Sebab dikala bekerja, ban ini tertekan ke arah dinding (samping), sedangkan ban bias justru tertekan ke depan-belakang. Jadi, beban panas pun bisa terdistribusi lebih merata, itulah sebabnya ban tidak cepat aus.

-Harga ban radial bisa dua kali lipat lebih mahal dibanding ban bias.

-Ban Radial hanya menderita sedikit deformasi dari bentuknya yang bergaya sentrifugal, walaupun pada kecepatan tinggi. Ban radial ini juga mempunyai “Rolling Resistance” yang kecil.

artikel terkait:�Tips Agar Motor Tidak Gampang Dicuri