Aksi Presiden Filipina Dalam Berantas Korupsi

Aksi Presiden Filipina Dalam Berantas Korupsi – Sebuah buldozer mulai menggerayangi puluhan kendaraan beroda empat glamor di hadapan Presiden Filipina Rodrigo Duterte tanpa pandang bulu. Aksi tidak biasa ini merupakan bab dari upaya pemerintah Filipina dalam memberantas korupsi di distributor bea cukai negaranya.

Tak pandang bulu baik kendaraan beroda empat glamor buatan Eropa maupun Asia ibarat Jaguar, Lexus, Corvette Stingray digilas kendaraan berat eksklusif di halaman kantor bea cukai Manila. Puluhan kendaraan glamor itu disita pegawanegeri bea cukai setempat alasannya akan diselundupkan ke dalam negeri.

Aksi Presiden Filipina Dalam Berantas Korupsi  Aksi Presiden Filipina Dalam Berantas KorupsiSebanyak 30 kendaraan beroda empat glamor yang dibumi-ratakan mencapai 1,2 juta dolar AS atau sekitar Rp 16,2 miliar. Puluhan kendaraan beroda empat glamor ini dimusnahkan di Manila dan dua kota besar lainnya.

Biasanya, kendaraan beroda empat glamor illegal ini akan disita sebelum nantinya dijual dalam lelang yang diselenggarakan oleh pemerintah. Biro Bea Cukai mengumpulkan pajak barang impor dan instansi menjadi sumber terpenting dalam menghasilkan uang bagi negara.

Aksi Presiden Filipina Dalam Berantas Korupsi  Aksi Presiden Filipina Dalam Berantas KorupsiNamun, di sisi lain, Bea Cukai Filipina juga selalu menjadi menempati peringkat teratas dalam banyak sekali survey soal instansi pemerintah paling korup.

Sementara itu, Kepala Biro Bea Cukai Filipina, Isidro Lapena, menyampaikan terhitung semenjak ia menjabat pada Agustus tahun lalu, ia sudah memutasi 691 dari 7.000 bawahannya. Dua pegawai bea cukai dipecat dan 16 lainnya dinonaktifkan terkait dugaan tindakan illegal bea cukai.

artikel terkait:�Dampak Buruk Berdirikan Wiper Saat Parkir